Menurut Nugroho J. Setiadi (2003:11) Faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen adalah sebagai berikut:
- Faktor internal yang mempengaruhi keputusan pembelian;
- Faktor internal yang mempengaruhi keputusan pembelian;
1. Motivasi dan keterlibatan
Kebutuhan adalah peubah utama dalam motivasi. Bila kebutuhan
dipenuhi akan menimbulkan adanya motivasi, yaitu dorongan dalam diri
seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya yang diarahkan
pada tujuan memperoleh kepuasan. Keterlibatan mengacu pada tingkat
relevansi yang disadari dalam tindakan pembelian dan konsumsi.
2. Persepsi
Dalam hal ini, setiap calon konsumen memilih sendiri dan mengartikan
sendiri setiap informasi tentang telepon selular merek Mito dari iklan
ataupun dari orang lain dan menggambarkan sendiri tentang produk
tersebut bagus atau tidak bagus untuk digunakan.
3. Belajar
Pembelajaran dapat dipandang sebagai proses dimana pengalaman
menyebabkan perubahan dalam pengetahuan, sikap dan perilaku.
Definisi ini mencerminkan posisi dua aliran pikiran utama mengenai
pembelajaran. Satu perspektif mengenai pembelajaran dikenal sebagai
pendekatan kognitif, pembelajaran dicerminkan melalui perubahan
pengetahuan. Perspektif lainnya adalah pendekatan behaviorisme yaitu
pembelajaran dengan perilaku yang dapat diamati.
- Faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan pembelian;
1. Kebudayaan
Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling dasar.
Budaya mempengaruhi perilaku konsumen dalam tiga faktor, yaitu (i)
budaya yang mempengaruhi struktur konsumsi, (ii) budaya yang
mempengaruhi bagaimana individu mengambil keputusan, (iii) budaya
adalah peubah utama dalam penciptaan dan komunikasi makna dari
sebuah produk. Indikator dari kebudayaan yaitu ketergantungan dan
kebiasaan.
2. Kelas Sosial
Kelas sosial adalah pembagian individu di dalam masyarakat yang
terdiri dari individu-individu yang berbagi nilai, minat dan perilaku yang
sama. Ukuran-ukuran yang biasa digunakan untuk menggolongkan
masyarakat adalah pendapatan, pendidikan, pekerjaan, kekayaan dan
sebagainya. Kelas sosial dapat menunjukkan preferensi produk dan
pemilihan merek yang berbeda-beda dalam berbagai kategori produk.
3. Keluarga
Keluarga menjadi daya tarik para pemasar, karena keluarga memiliki
pengaruh yang besar kepada konsumen. Anggota keluarga saling
mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian dan komsumsi
suatu produk. Masing-masing anggota keluarga memiliki peranan
penting mencakup pemberi pengaruh, pengambilan keputusan, pembeli
dan pemakai.
Daftar Pustaka.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Bandung. Kencana.
Ningsih, Rosa Satya. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Mito (Skripsi) .Bandar Lampung. Universitas Lampung
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Bandung. Kencana.
Ningsih, Rosa Satya. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Mito (Skripsi) .Bandar Lampung. Universitas Lampung
0 comments
Posting Komentar
silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.