Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan
dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian
produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan
dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pemahaman akan perilaku konsumen dapat diaplikasikan dalam beberapa hal,
yang pertama adalah untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik,
misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberikan diskon
untuk menarik pembeli. Kedua, perilaku konsumen dapat membantu pembuat
keputusan membuat kebijakan publik. Ketiga adalah dalam hal pemasaran sosial
(social marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan
memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat
menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.
Model Perilaku Konsumen
Model perilaku konsumen yang dikemukakan Kotler menerangkan bahwa
keputusan konsumen dalam pembelian selain dipengaruhi oleh karakteristik
konsumen, dapat dipengaruhi oleh rangsangan perusahaan yang mencakup
produk, harga, tempat dan promosi.
Variabel - variabel diatas saling mempengaruhi proses keputusan pembelian
sehingga menghasilkan keputusan pembelian yang didasarkan pada pilihan
produk, pilihan merek, pilihan penyalur, waktu pembelian, jumlah pembelian.
Faktor Utama yang mempengaruhi Perilaku Konsumen
Menurut Kotler (2009:166) perilaku pembelian dipengaruhi faktor-faktor utama
sebagai berikut:
a) Faktor-faktor kebudayaan, terdiri dari budaya, sosial budaya, dan kelas sosial.
b) Faktor-faktor sosial, terdiri dari kelompok-kelompok referensi, keluarga, peranan
dan status.
c) Faktor-faktor pribadi, terdiri dari usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri.
d) Faktor-faktor psikologis, terdiri dari motivasi, persepsi, proses belajar,
kepercayaan dan sikap.
Daftar Pustaka.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga
Belas. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Ningsih, Rosa Satya. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Mito (Skripsi) .Bandar Lampung. Universitas Lampung
Sumber Gambar.
Ningsih, Rosa Satya. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Mito (Skripsi) .Bandar Lampung. Universitas Lampung
Sumber Gambar.
www.the-marketeers.com
0 comments
Posting Komentar
silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.