Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan
akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan
falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Konsep
pemasaran tersebut dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada
konsumen / pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan,
dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasikan dan
diintegrasikan secara organisasi.
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individuindividu
dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk-produk yang
bernilai (Kotler 2002: 5).
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika dalam Kotler dan Keller (2009:5),
Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk
menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan
dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan
organisasi dan para pemilik sahamnya.
Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang terpenting di dalam kehidupan
perusahaan sebagai usahanya untuk mencapai tujuan, mengembangkan usaha,
mendapatkan laba serta mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan itu
sendiri. Berhasil tidaknya suatu usaha atau bisnis sangat tergantung pada
keahlian manajemen serta keahlian dibidang pemasaran dari barang atau jasa
yang diproduksi.
Dalam proses pemasaran terdapat unsur penciptaan, pengkomunikasian,
penyerahan kepada pelanggan serta mengelola hubungan baik dengan
pelanggan. Hal ini berarti konsep pemasaran telah berkembang menjadi suatu
proses yang dilakukan perusahaan tidak hanya untuk memuaskan pelanggan,
namun juga menciptakan nilai dalam benak pelanggan agar dapat
mempertahankan pelanggan yang ada.
Pemasaran bagi pelanggan memiliki arti penting atas informasi, penyampaian
nilai dan hubungan yang baik dengan perusahaan. Pelanggan akan mengetahui
berbagai informasi dan referensi mengenai suatu produk maupun perusahaan
melalui komunikasi pemasaran yang dilakukan. Selanjutnya pelanggan
mendapat nilai yang disampaikan dalam mengkonsumsi suatu produk dari
perusahaan tersebut. Selain itu, pelanggan akan merasa lebih mengenal dan
lebih percaya pada perusahaan yang menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
Pemasaran masa kini yang terus berusaha menjalin hubungan baik dengan pelanggannya akan sangat memperhatikan keluhan yang disampaikan pelanggannya dan menanggapi dengan adil dan sopan agar hubungan baik yang dijalin tetap terjaga. Kegiatan pemasaran merupakan langkah awal dari kegiatan suatu perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang dan memperoleh laba. Pemasaran menjadi salahsatu faktor yang paling penting bagi perusahaan untuk terus mempertahankan kegiatan usaha secara berkesinambungan.
Pemasaran dalam suatu perusahaan memiliki peran yang sangat penting karena merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan pelanggan, sehingga terjalin hubungan dengan para pelanggan. Salahsatu tugas penting bagi karyawan pemasaran adalah dengan terus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan tersebut dan bahkan pelanggan yang benar-benar puas dapat merekomendasikan kepada pelanggan lain mengenai produk maupun perusahaan. Semua kegiatan perusahaan harus dicurahkan untuk mengetahui apa yang menjadi kegiatan konsumen dan kemudian memuaskan keinginan-keinginan pelanggan tersebut.
Di dalam konsep pemasaran diajarkan bahwa kegiatan pemasaran suatu perusahaan harus dimulai dengan usaha mengenal dan merumuskan keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Kemudian perusahaan menyesuaikan kegiatannya agar dapat memuaskan kebutuhan konsumen dengan cara efektif dan efisien. Maksud dari efektif dan efisien disini adalah dalam pemenuhan kebutuhan konsumen harus tepat sasaran dan tepat waktu, yaitu apa yang diinginkan konsumen dan kapan konsumen menginginkannya
Daftar Pustaka.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga
Belas. Jakarta. Penerbit Erlangga.Pemasaran masa kini yang terus berusaha menjalin hubungan baik dengan pelanggannya akan sangat memperhatikan keluhan yang disampaikan pelanggannya dan menanggapi dengan adil dan sopan agar hubungan baik yang dijalin tetap terjaga. Kegiatan pemasaran merupakan langkah awal dari kegiatan suatu perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang dan memperoleh laba. Pemasaran menjadi salahsatu faktor yang paling penting bagi perusahaan untuk terus mempertahankan kegiatan usaha secara berkesinambungan.
Pemasaran dalam suatu perusahaan memiliki peran yang sangat penting karena merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan pelanggan, sehingga terjalin hubungan dengan para pelanggan. Salahsatu tugas penting bagi karyawan pemasaran adalah dengan terus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan tersebut dan bahkan pelanggan yang benar-benar puas dapat merekomendasikan kepada pelanggan lain mengenai produk maupun perusahaan. Semua kegiatan perusahaan harus dicurahkan untuk mengetahui apa yang menjadi kegiatan konsumen dan kemudian memuaskan keinginan-keinginan pelanggan tersebut.
Di dalam konsep pemasaran diajarkan bahwa kegiatan pemasaran suatu perusahaan harus dimulai dengan usaha mengenal dan merumuskan keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Kemudian perusahaan menyesuaikan kegiatannya agar dapat memuaskan kebutuhan konsumen dengan cara efektif dan efisien. Maksud dari efektif dan efisien disini adalah dalam pemenuhan kebutuhan konsumen harus tepat sasaran dan tepat waktu, yaitu apa yang diinginkan konsumen dan kapan konsumen menginginkannya
Daftar Pustaka.
Ningsih, Rosa Satya. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Mito (Skripsi) .Bandar Lampung. Universitas Lampung
sumber gambar
http://blog.docotel.com
0 comments
Posting Komentar
silahkan berkomentar dengan bijak, sopan, dan santun. termiakasih telah mampir dan membaca blog kami.